Bogor Memang Kota Hujan, tapi banjir di Jakarta, tak selalu kiriman dari Bogor

Seperti biasa selalu saja ada alasan yang memojokan Bogor sebagai kota hujan saat Depok atau Jakarta banjir. Seperti kemarin, saat saya berada di kampus dan hujan besar melanda depok, seorang teman berkata pada saya “Wah, kalo ujan kayak gini terus Jakarta pasti banjir… banjir kiriman bogor nih”. Jujur, saya merasa sedikit tersinggung atas pernyataan seperti itu. Sekarang, pertanyaannya apakah benar seperti itu? Kalau kata orang Bogor, orang Jakarta juga yang merusak tatanan konservasi di Bogor, benar gak sih?

Bogor memang Kota Hujan. Sejak saya lahir sampai sekarang pun memang sebutan itu selalu melekat. Sedangkan Jakarta, yang katanya Kota Metropolitan memang memiliki curah hujan yang tak sebesar dan sebanyak Bogor. Faktanya, Bogor berada di dataran yang lebih tinggi dari Jakarta, berlanjut ke Depok lalu Jakarta. Saat musim hujan, Jakarta memang rentan terhadap banjir, namun banjir ini bukan semata-mata kiriman dari Bogor.

Semua orang awampun tahu banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi, yang tidak disertai aliran  dan penyerapan air hujan yang baik. Seperti Jakarta yang kini memiliki sistem alir dan penyerapan air yang sangat buruk, akibat pembangunan-pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Daya resap kota terhadap curah hujan kecil akibat bangunan-bangunan, membuang air hujan limpahannya ke jalanan, sehingga kota seperti bak mandi penampung air disaat hujan.

mencegah atau mengurangi banjir di Jakarta tidak hanya menjadi urusan pemerintah atau warga Jakarta, tetapi juga melibatkan pemerintah/warga Bogor sebagai salah satu kota penyangga Jakarta dan Depok sebagai daerah resapan. Jika air hujan bisa tertampung secara alami di Bogor  dan meresap di Depok maka kemungkinan dapat mengurangi banjir di Jakarta. mencegah atau mengurangi banjir di Jakarta tidak hanya menjadi urusan pemerintah atau warga Jakarta, tetapi juga melibatkan pemerintah/warga Bogor sebagai salah satu kota penyangga Jakarta. Jika air hujan bisa tertampung secara alami di Bogor maka kemungkinan dapat mengurangi banjir di Jakarta

Langkah sederhana bisa kita mulai dengan menjaga lingkungan, menanam pohon lebih banyak dan selalu sadar bahwa kita hanya memiliki satu bumi.

setuju gak nihhh????hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: